Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 CARA MENCINTAI DIRI SENDIRI

Rumah Perempuan - Kita sering sekali merasa dikecewakan oleh orang-orang yang kita sayangi, padahal kita sudah banyak berkorban baik tenaga, waktu dan fikiran. Rasa kecewa  dan sedih yang mendalam terkadang membuat kita jadi tidak fokus menjalani hari, bahkan membuat pekerjaan terbengkalai, hal itu seringkali membuat diri kita jadi tak terurus, badan kurus, wajah kusam, fikiran kusut, sakit-sakitan dan lain sebagainya. kita menjadi sakit dan menderita karenanya. Mencintai orang lain terkadang jadi membuat kita lupa mencintai diri sendiri.

Untuk beberapa alasan kebanyakan dari kita lebih mudah mencintai orang lain dari pada diri sendiri. Padahal dengan mencintai diri sendiri kita akan lebih sehat,bahagia dan percaya diri, hal itu membuat kita semakin terlihat menarik dan semangat menjalani hari.

Mungkin anda pernah mendengar istilah, “sebelum mencintai orang lain, cintailah dirimu sendiri”, sering kita bertanya-tanya apa maksud dari mencintai diri sendiri. Dan bagaimana sebenarnya cara mencintai diri sendiri tanpa menjadi egois.

Sumber
Sumber: pixbay.com

Dilansir dari psychcentral.com  berikut 22 cara mencintai diri sendiri

1. Kenali Dirimu

Rasanya suatu hal yang tidak mungkin untuk mencintai diri sendiri jika kita belum mengenal diri sendiri, kita perlu sedikit menginvestasikan waktu kita untuk merenungi dan menemukan apa yang kita yakini, hargai dan sukai.

2. Katakan “Tidak” Jika Perlu

Batasan adalah esensi dari self-care , dengan begitu orang lain jadi lebih memahami bahwa kita pantas dihargai sebagai manusia seutuhnya.

3. Jangan Pernah Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Orang lain lebih baik atau lebih buruk dari kita itu bukan urusan kita, mereka hanya berbeda, kita memiliki nilai sebagai diri kita seutuhnya, dan lagi pula menerima diri sendiri itu berarti kita tidak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain.

4. Benar-Benar Hadir Di Dunia Nyata

Banyak gangguan yang menyertai kehidupan kita, banyak dari hal  yang mengganggu tersebut merupakan hal yang menyenangkan , akan tetapi hal tersebut bisa jadi dapat menguras tenaga dan membuat kita tidak bisa menjadi diri sendiri. Jika hal itu terjadi segeralah kurangi penggunaan media sosial dan temukan diri kita dalam melakukan sesuatu hal yang nyata di kehidupan yang nyata pula tentunya.

5. Ketahui dan Gunakan Kekuatanmu

Kita semua sebenarnya memiliki karunia yang luar biasa, akan tetapi banyak dari kita yang tidak memperhatikan karunia itu karena kesibukan, sehingga perhatian kita teralihkan dan sulit untuk mengakses kualitas-kualitas luar biasa tersebut. Jadi mulai saat ini jika kita mencintai diri kita, berfokuslah pada kekuatan yang kita punya, karena hal itu bisa meningkatkan perasaan positif terhadap diri sendiri.

6. Beri Diri Anda Banyak Suguhan atau Traktiran Makanan Sehat

Sebuah suguhan atau traktiran  adalah sesuatu yang spesial yang kita berikan pada diri kita sendiri. Tidak seperti reward ini tidak harus diperoleh setelah mencapai sesuatu. Bersikaplah baik pada diri sendiri dengan memberikan diri sendiri suguhan/ traktiran “hanya karena....

7. Jujurlah pada Dirimu Sendiri

Kejujuran merupakan kunci dalam sebuah hubungan, baik dengan orang lain maupun diri sendiri. Terkadang tanpa sadar kita begitu pandai menipu diri sendiri, dan hal ini sangat sulit untuk dirubah jika kita tidak menyadari kalau itu bagian dari mencintai diri sendiri. Cintailah dirimu sekacau apapun itu, jika kita berbohong, merendahkan, atau membuat berbagai alasan, artinya kita belum mampu menerima dan mencintai diri sendiri. Bentuk dari rasa cinta sejati pada diri sendiri berarti mengambil, tanggung jawab dan akuntabilitas.

8. Bebaskan Dirimu dari Rasa Bersalah dan Ketidaksempurnaan

Terkadang kita keras terhadap diri sendiri, bahkan mungkin lebih keras terhadap diri sendiri dari pada orang lain. Lunaklah sedikit pada dirimu, dan lepaskanlah beban yang membelenggu, rangkul lah dirimu dengan rasa cinta. Kesalahan itu wajar, semua orang melakukannya. Ketidaksempurnaan sebenarnya merupakan bagian dari apa yang membuat kita menjadi diri sendiri.

9. Berusahalah untuk Memaafkan Diri Sendiri untuk Pencapaian yang Lebih Besar

Seringkali  kita  menyimpan penyesalan dan kesalahan dimasa lalu. Mencoba memaafkan diri sendiri atas pengalaman masa lalu adalah proses bertahap sedikit demi sedikit yang harus kita jalani, percayakan diri kita bahwa kita sudah benar-benar melakukan yang terbaik. Hari ini kita merasa lebih baik, tentu saja begitu setelah kita melihat kebelakang, itulah sebabnya, sangat tidak adil untuk menilai diri kita dimasa lalu dengan pengetahuan yang kita miliki sekarang. , ingatlah:”ketika kita tahu bahwa kita lebih baik, maka berbuatlah lebih baik lagi.

10. Terimalah Kenyataan Bahwa Beberapa Orang Memang Tidak Menyukaimu

Faktanya memang beberapa orang tidak menyukai kita , dan itu bukan masalah, jangan buang waktu kita untuk mencoba menyenangkan orang yang tidak mungkin menyenangkan atau orang yang tidak terlalu penting bagi kita. Menjadi diri sendiri berarti kita  harus melepaskan cara menyenangkan orang lain dan merangkul diri-sejati kita sendiri.

11. Jadikan Kesenangan Menjadi Prioritas

Masukkan sesuatu yang menyenangkan ke dalam agenda kita setiap minggu. Jangan mengabaikan atau membatalkannya karena kita memiliki terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan dihari sebelumnya, itulah sebabnya kita juga  membutuhkan kesenangan agar merasa baik, jangan berhemat untuk kebutuhan penting ini. 

12. Berlatih Bersyukur

Syukur adalah salah satu cara paling sederhana untuk fokus pada kebaikan dalam diri kita dan dalam hidup kita. coba kenali 3 hal yang kita syukuri saat kita bangun setiap pagi.

13. Tuliskan Kesuksesan Anda

Saya suka aktivitas “mencinta diri” ini karena kegiatan itu membuat catatan pencapaian kita (besar dan kecil) yang dapat kita baca ulang kapan pun kita merasa sedih. Tambahkan ke dalamnya dan baca daftar kita setiap hari untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

14. Rasakan Perasaanmu

Perasaan kita adalah bagian integral dari siapa kita. kita tidak bisa menjadi orang yang otentik tanpa mengakui dan merasakan semua perasaan kita seperti kemarahan dan kesedihan. jika kita menyangkalnya, kita menyangkal sebagian dari diri kita. Biarkan diri kita mengekspresikannya dengan cara yang sehat dan terhormat

15. Jaga Baik-Baik Tubuhmu

Kesehatan yang baik sungguh tak ternilai harganya. berikan diri Anda hadiah untuk merasa secara fisik, berolahraga dengan baik secara teratur, makan dengan sehat, minum air, tidur 7-8 jam hampir setiap malam, dan batasi alkohol atau obat-obatan lain.

16. Mengejar Hobi

hobi bisa menyenangkan, santai, menantang, kreatif, atletis, sosial, atau mendidik. Seperti yang kita lihat, hobi yang berbeda memenuhi kebutuhan kita yang berbeda. temukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan kita.

17. Membela Diri Sendiri

Seperti batasan, bersikap tegas adalah cara untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa pendapat dan kebutuhan kita adalah materi. Mencintai diri sendiri berarti kita mengetahui nilai kita dan mengkomunikasikannya kepada orang lain.

18. Tulis Surat Cinta Dirimu

Saya tahu ini tugas yang sulit, tetapi ini benar-benar menantang kita untuk mengidentifikasi hal-hal yang kita sukai dari diri kita sendiri.

19. Mintalah Pertolongan Jika Kita Membutuhkannya

Bagian lain dari menjaga diri kita adalah mengenali kapan kita membutuhkan bantuan. Meminta bantuan tidak lemah menunjukkan kita lemah. itu manusiawi. Kita semua terkadang membutuhkan bantuan.

20. Berbicaralah Dengan Ramah Kepada Diri Sendiri

Berbicara kepada diri sendiri seperti kita berbicara dengan orang yang kita cintai. jangan menyalahkan diri sendiri, menyebut diri kita sendiri, atau mengkritik diri sendiri

21. Kelilingi Diri Anda dengan Orang-Orang yang Memperlakukan Anda dengan Baik dan Hormat

Dengan siapa kita menghabiskan waktu mencerminkan bagaimana perasaan kita tentang diri sendiri. Orang yang merasa berharga mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang positif. Terkadang mencintai diri sendiri berarti kita harus mengakhiri hubungan dengan orang-orang yang kasar atau tidak baik.

22. Berikan Diri Anda Waktu Istirahat

Apakah kita sibuk? inilah saatnya untuk memperlambat dan membiarkan tubuh dan pikiran kita beristirahat. kita tidak perlu melakukan semuanya. Memprioritaskan hal yang paling penting dan melepaskan rasa bersalah dengan mengatakan tidak. Istirahat adalah peremajaan dan bentuk dasar perawatan diri.


Kita adalah orang yang paling memahami diri kita sendiri, hubungan kita dengan diri sendiri adalah hubungan yang paling panjang, sudah saatnya kita memperhatikan dan mencintai diri sendiri dulu sebelum kita mencintai orang lain, dengan mencintai diri sendiri tanpa rasa egois tentunya, maka hidup kita menjadi lebih sehat dan bahagia, semoga kita bisa sedikit meluangkan waktu untuk mencintai diri sendiri. 


Posting Komentar untuk "22 CARA MENCINTAI DIRI SENDIRI"